Senin, 14 September 2015

JENIS DAGING APA YANG BISA DI MAKAN MENTAH?

Edit Posted by with 2 comments



Ada beberapa jenis daging yang diperbolehkan untuk di konsumsi saat masih dalam keadaan mentah terutama di bagian tengahnya. Steak sapi? Ya betul sekali, begitu juga dengan domba. Bakteri yang terpapar pada daging jenis ini hanya berada di bagian terluar saja, sedangkan bagian ini tentu saja kita masak sampai pada suhu tertentu.

Namun lebih baik jangan berikan steak sapi ini pada orang-orang yang rentan terkena penyakit, misalnya ibu hamil, bayi dan balita, serta para manula atau bahkan juga pada orang-orang yang sedang tidak sehat. Sebaiknya mereka ini tidak diberikan steak yang masih berwarna pink atau biasa disebut ‘rare’ atau sama sekali jangan masukkan ini ke daftar diet mereka.

“Lalu bagaimana cara memasak daging ini?”

Gak usah bingung say…..

Saat memasak steak untuk mendapatkan tampilan ‘rare’ atau masih berwarna pink di bagian dalamnya, kita hanya perlu memasang api yang panas untuk mematikan bakteri pada bagian luar. So, kita tahu dari mana kalau bakteri di bagian luar sudah lenyap? Ya dari perubahan warna daging. Daging akan berubah warna dari yang tadinya berwarna merah menjadi agak berwarna gelap.

Yang perlu diperhatikan saat memegang daging adalah jangan pernah lupa untuk mencuci tangan kamu sebelum dan sesudahnya sebab ini penting banget dalam hal pencegahan penyebaran bakteri pada daging. Juga gunakan alat masak yang berbeda saat menghandle daging saat mentah dan saat sesudah matang. Pisau yang di gunakan saat memotong daging mentah jangan lagi di gunakan untuk memotong daging matang. At least cuci bersih dulu pisaunya kalau mau di gunakan lagi.

“ Mau tahu cara mengetahui kalau daging sudah matang?”

Dalam hal ini maksudnya ‘well done’ ya friends…bukan ‘rare’

·     Saat kamu menusukkan daging pada bagian terkeras dengan garpu, sari daging atau juices yang mengalir keluar akan berwana bening. Kalau pada daging unggas, bagian terkerasnya selalu berada pada bagian paha antara dada dan ‘drumstick’.

·         Saat dalam keadaan matang, daging akan berubah warna. Cek apakah masih ada warna ‘pink’ di dalamnya. Kalau masih tampak merah muda berarti daging masih mentah.

Ada alternatif lain untuk mengetahui apakah daging masih mentah atau sudah matang.

Yaitu…tarrraaaaaaaaaaa!

Dengan menggunakan T-E-R-M-O-M-E-T-E-R….yup!

Termometer ini bertugas untuk mengukur suhu bagian dalam daging atau masakan jenis kaserol, pastinya untuk meyakinkan kita apakah suhu tertentu sudah tercapai sehingga bakteri yang mungkin bercokol sudah musnah.

Daging ikan, daging unggas seperti ayam, burung, bebek, daging babi, daging cincang dan turunannya seperti sosis dan burger, juga daging-daging yang sudah di ‘deboned’ atau yang tulangnya sudah di keluarkan harus di masak setidaknya pada suhu 70C – 75C selama minimal 2 menit.

“Dimana kita meletakkan thermometer untuk mengetahui kondisi matang tidaknya?

Kaserol
Ini adalah jenis masakan seperti lasagna, nasi ala mexico, macaronie schotel dan semacamnya. Cara mengeceknya adalah dengan menusukkan termometer ke bagian yang kita rasa paling keras.

Unggas
Tusukkan termometer ke bagian dalam area pangkal paha yang berdekatan dengan bagian dada tapi make sure jangan sampai mengenai tulangnya ya.

Daging Cincang dan Turunannya
Yang di maksud daging cincang di sini bisa apa saja. Bisa sapi, babi, ayam, bebek…pokoknya apa saja. Kalau turunannya ya seperti sosis dan burger. Tempatkan termometer pada bagian terkeras dari daging cincang atau giling ini.

Daging sapi, sapi muda atau veil, domba, babi, roasts dan steaks
Tempatkan termometer di tengah-tengah dari bagian yang terkeras. Hindari mengenai tulang atau lemak daging.

Mudahkan?

Nah! Setelah selesai menggunakan termometer jangan pernah lupa ya friends untuk segera mencucinya dengan sabun dan bilas dengan air hangat.

Selamat mencoba…J

2 komentar:

  1. Oh gitu toooh, Kalo makan steak mentah mah kaya steak tartare tuh kaya yg biasa dimakan orang Eropa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget! Tapi make sure sebelumnya untuk selalu menggunakan daging yang segar and kalo bisa jangan yang udah di frozen untuk menghindari ada kontaminan bakteri di dalamnya. Meski daging sapi adalah yang paling aman untuk di gado mentah-mentah tapi tetep aja kita harus aware akan bakteri sekecil apapun itu. Oke deh..Met Menikmati Steak Tartare...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...