Minggu, 03 April 2016

10 BUMBU WAJIB DALAM HIDANGAN JEPANG

Edit Posted by with No comments


Kalau kamu mengaku suka memasak dan menikmati hidangan Jepang tentunya melengkapi dapur kamu dengan ke 10 jenis bumbu berikut adalah hal wajib.

Mari kita simak bumbu apa saja kah itu?



1.      MIRIN
Mirin ini memiliki kandungan rasa manis yang halus dan tidak terlalu kentara sehingga jelas cocok membuat kuliner Jepang yang lebih ke savory taste terasa sempurna. Mirin sendiri terbuat dari wine berbahan dasar beras dan pastinya memiliki muatan alcohol yang rendah. Pas buat membumbui masakan khas Jepang.

2.      WASABI
Citarasa Wasabi dikenal sangat kuat dan pedas. Biasanya merupakan pelengkap dari Sashimi dan Sushi.
Sering juga digunakan sebagai Dipping atau Saus untuk steak fillet. Coba deh dan buktikan sendiri.

3.      MISO
Yang satu ini diketahui sebagai bumbu asin yang dibuat dari fermentasi kacang kedelai.Saat menggunakannya encerkan dulu dengan air.

4.      NORI
Siapa yang tidak akrab dengan ini jangan mengaku doyan makanan Jepang ya…
Lembaran ganggang laut ini bisa disantap baik dalam keadaan kering ataupun dipanggang. Nori memiliki rasa yang agak bergaram dan tekstur yang krispi. Seperti kita ketahui Nori ini biasa dijual dalam bentuk lembaran kering. Gunanya untuk membalut Sushi, Nigiri atau hanya sebagai garnish dalam beberapa jenis makanan berkuah lainnya.

5.PANKO
Mereka menggunakan sebutan ini untuk tepung panir atau tepung roti. Bedanya tepung Panko jauh lebih menghasilkan gorengan yang lebih berlapis dan crunchy. Chicken Katsu atau pun Tempura ya tentunya menggunakan ini.

6.MAYONAIS JEPANG
Nah…jangan dibayangkan kalai mayo mereka ini adalah seperti mayo versi western yang sering kita kudap bersama fritters. Jelas tidak sama. Mayo Jepang memiliki kandungan kuning telur yang lebih banyak sehingga teksturnya sedikit lebih kental dan yang versi Jepang ini memiliki beberapa persen kandungan cuka beras didalamnya. Okonomiyaki belum lengkap sebelum di oleskan mayonais Jepang ini.

7.SHOYU
Nama lainnya adalah Soy Sauce atau sauce kedelai.Mungkin buat kita ini lebih ke kecap asin.
Tapi soy sauce versi Jepang mempunyai tampilan lebih encer dan bersih tanpa distorsi endapan apapun.

8.GARI
Orang Jepang sangat menyukai jahe. Olehkarena itu Gari atau Acar Jahe muda adalah suatu hal yang tak mungkin mereka lupakan. Gari sering diperuntukkan sebagai pembersih rasa sesaat sesudah kita menikmati salah satu jenis makanan dan akan lanjut ke jenis makanan lainnya. Dengan begitu rasa yang terbentuk di mulut kita tidak saling bertumpang tindih antara satu dan lainnya.
Ini wajib dihidangkan menemani Sushi dan Sashimi.

9.SAKE
Aha! Ternyata Sake tidak hanya dianggap sebagai beverage saja lho!
Sake juga manjur dipergunakan di dapur sebagai pelunak daging dan kerap di tambahkan ke masakan demi mendapatkan kedalaman rasa.

10. CUKA BERAS
Terbuat dari beras yang difermentasikan selama beberapa waktu.
Cuka jenis ini memiliki kadar keasaman yang lebih rendah dari cuka dapur yang biasa.

Demikianlah rahasia hidangan Jepang yang super yummy.
Kalau mau masak seperti layaknya orang Jepang masak…tunggu apa lagi buruan deh ke supermarket terdekat dan lengkapi deretan bumbu kamu dengan bumbu tersebut diatas.

Happy Cooking!






0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...