Minggu, 17 April 2016

5 LANGKAH CERDAS MEMPERSIAPKAN DIRI MEMASUKI GAYA HIDUP FRUGAL

Edit Posted by with No comments



Menjadi FRUGAL bukanlah hal yang simpel untuk dilakukan.

Kita memerlukan pendisiplinan diri tingkat tinggi dan semua itu hanya bisa kita peroleh dari latihan untuk hidup hemat dan jika anda jump up langsung ke gaya hidup tersebut, kecil kemungkinan anda akan berhasil karena mental kita mungkin saja tidak siap memasuki wilayah penghematan besar-besaran ini disebabkan ini adalah hal yang sangat baru dan butuh pendekatan-pendekatan spesial untuk itu.

Kalau teman-teman berpikir untuk mencoba gaya hidup frugality (hidup hemat), berikut ini adalah langkah-langkah cerdas untuk membentuk kebiasaan itu dalam diri kalian.

  1. MAKE SOME LITTLE BABY STEPS
Mulailah dengan langkah kecil. Perubahan massif akan sangat sukar diadaptasi pada tahap permulaan. Jangan langsung berpikir bahwa perubahan dramatis akan berjalan baik. Pelan-pelan saja sebab kebiasaan ini mungkin merupakan sesuatu yang belum pernah anda lakukan sebelumnya.

  1. DO A TRIAL FOR 15 DAYS
Berikan diri kita option, misalnya lakukan percobaan dalam 15 hari, jika anda telah merasa yakin dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu menjadikan kebiasaan ini menjadi permanen berarti anda telah siap menjalani gaya hidup ini dengan senang hati dan tidak merasa tersiksa.

  1. TULIS KOMITMEN DI SECARIK KERTAS
Pengumuman yang kita tulis dengan huruf capital mengenai komitmen kita pada proyek menjadi frugal ini akan sangat berpengaruh khususnya untuk diri sendiri pada sukses tidaknya usaha kita dalam usaha tetap bertahan dan tidak goyah atau bahkan berhenti.

Hal ini harus kita perbaharui secara berkala, ganti kata-kata yang kita tulis agar tidak membosankan. Ingatkan diri kita bahwa hal ini adalah hal terbaik yang juga akan membawa pengaruh besar dalam kita mengelola uang, memiliki tabungan, menghentikan sifat berboros ria, mulai menghargai makanan dan uang dengan bijaksana.

  1. KENALI PEMICU
Pasti selalu ada pemicu yang mendorong kita untuk melakukan foya-foya dalam hal belanja. Biasanya terdorong karena melihat iklan-iklan di televisi atau mass media lainnya, seperti iklan diskon besar di internet. Tulislah semua point pemicu itu dan kemudian hindari membaca iklan-iklan penggoda naluri spending spree anda.

  1. BUAT STRATEGI UNTUK MENGATASI IMPULSE SHOPPING
Impulse shopping adalah dorongan untuk segera berbelanja karena kita merasa bahwa kita sangat membutuhkan item tersebut pada detik ini juga.

Ini memang rada berat tapi jangan dikalahkan oleh dorongan ini. Yang perlu anda lakukan adalah menarik napas panjang, masukkan nama barang yang kita ingin beli tersebut pada daftar belanja bulanan, lalu lakukan aktivitas lain sehingga keinginan tersebut berangsur-angsur menghilang.

Go frugal and be more rich!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...