Minggu, 17 April 2016

SERBA-SERBI TEPUNG TERIGU

Edit Posted by with No comments



Untuk para pemula di dunia per-bakingan, penting banget memiliki pengetahuan dasar tentang tepung sehingga kita bisa dengan bijaksana memilih tepung sesuai kebutuhan kita. Misalnya ketika akan membuat roti manis tak usah lagi kebingungan dan bertanya sana-sini tepung jenis apakah gerangan yang harus dipakai.

Yuk mari kita mulai….

  1. TEPUNG TERIGU SERBA GUNA (ALL-PURPOSE-FLOUR)
Di Indonesia, kebanyakan orang mengenal tepung jenis ini pada brand Bogasari Segitiga Biru.

Tepung berprotein sedang ini adalah hasil penggilingan bagian dalam dari kernel gandum, jadi mengandung bagian keras dan lembut dari gandum sehingga tepung jenis ini sangat versatil yang bisa dipakai untuk segala jenis kebutuhan. Untuk roti bisa (namun saya sarankan untuk ini lebih baik kita gunakan tepung terigu yang untuk roti karena hasilnya akan jauh lebih maksimal), untuk gorengan juga mantap, untuk penganan yang dikukus pun afdol, sangat baik pula untuk cake. Itulah mengapa orang menganggap tipe tepung terigu ini serba guna.

  1. TEPUNG TERIGU KHUSUS ROTI (BREAD FLOUR)
Kita kebanyakan mengenalnya sebagai Tepung Bogasari Cakra Kembar.

Jika roti yang akan dibuat mengandung ragi, maka tidak salah lagi pilihan tepatnya hanya tepung jenis ini karena kandungan protein yang melimpah mampu membentuk struktur roti dan menjamin elastisitas adonan roti ketika diuleni dan pada akhirnya menghasilkan volume roti yang mengembang sesuai ekspektasi.

  1. TEPUNG TERIGU UNTUK KUKIS
Untuk membuat kukis atau kue kering kita sempurna kita membutuhkan tepung terigu dengan kandungan protein yang rendah agar kukis gampang luruh ketika dikunyah dan tidak liat seperti tekstur roti atau cake.
Bagusnya kita menggunakan Tepung Terigu Bogasari Kunci Biru.

  1. SELF RISING FLOUR
Tepung Terigu jenis ini merupakan tepung berprotein rendah yang telah memiliki konten pengembang di dalamnya sehingga ketika akan digunakan kita tidak perlu repot-repot lagi membubuhi tepung dengan baking powder dan garam.

Daripada membeli kita bisa membuatnya sendiri..mudah saja kok, formulanya begini:

Untuk setiap 250gr Tepung Terigu Kunci Biru + 1 ½ Sendok Teh Baking Powder + ½ Sendok Teh Garam

Perlu di catat juga bahwa tepung jenis ini tidak cocok sama sekali untuk pembuatan aneka roti yang mengandung ragi atau kue jenis soufflé.

Nah, Self Rising Flour ini paling cocok digunakan untuk membuat aneka pastry, muffin, cake bertekstur ringan dan biskuit.

Hope you guys finally understand about the right flour to choose when you are willing to bake something. No more taking wrong flour!

Happy Baking My Friends!






0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...