Sabtu, 23 Januari 2016

QUICK AND EASY EGGLESS CINNAMON ROLL

Edit Posted by with No comments


Pada resep bakunya adonan cinnamon roll ini harus di diamkan semalaman agar proses fermentasinya sempurna.

Namun bagi anda yang sibuk dan tidak sabar untuk menunggu menikmatinya hingga keesokan harinya, resep ini akan terasa super pas buat anda. Hanya dengan mendiamkan adonan yang telah di bubuhi ragi dan membiarkannya mengembang selama 45 menit atau sampai 1 jam. Adonan ini akan mengembang 2-3 kali lipat dengan catatan ragi instan yang di gunakan harus dalam keadaan baik, kering dan siap pakai.

Rasanya sangat enak dan lembut, irit bahan, super mudah membuatnya dan tentu saja tanpa telur.

Dalam membuat roll-nya saya tidak menggunakan alat roll ataupun botol, hanya menggunakan jari jemari saja. Menekan-nekannya keseluruh permukaan loyang, menaburi dengan gula, kayumanis bubuk dan sedikit garam lalu menggulungnya. Setelah itu saya mengguntingnya dengan ukuran ketebalan yang saya mau. Saya menggunakan loyang ukuran 18x18x2.

Adonannya harus terasa sangat lembut, kenyal dan watery. Kalau adonannya sejak awal sudah keras dan padat, berarti adonannya kurang cairan dan jika diteruskan hasilnya akan keras.

Tapi jangan lantas bingung jika menghadapi hal ini, tambahkan saja 50 ml air lalu uleni hingga tekstur adonan berubah menjadi lebih lembut. Jika masih terasa kurang kenyal silahkan tambahkan lagi airnya sampai mencapai konsistensi yang kita inginkan, di sini kita harus menggunakan insting kita.

Membuatnya tidak sulit dan tidak terlalu memerlukan extra effort.

Baiklah berikut langkah-langkah pembuatannya, hanya untuk anda:

Bahan-bahan:

20 sdm terigu protein tinggi
1 sdm gula (untuk biang)
20 sdm air hangat (untuk biang)
1 sdm ragi instan (untuk biang) saya pakai Haan
2 sdm margarine
1 sdm susu bubuk full cream (saya pakai Dancow)
¼ sdm baking powder

Bahan filling:

Margarin untuk mengoles

2 sdm kayumanis bubuk
4 sdm gula pasir                         campur semua bahan berhuruf miring  di sebuah wadah, aduk merata
Sejumput garam

Cara Membuatnya:

Mari membuat biangnya dulu. Campurkan air+gula+ ragi instan di sebuah gelas, diamkan selama 10 menit hingga berbuih, sisihkan.

Di sebuah wadah bersih masukkan dengan cara di ayak: tepung, susu bubuk dan baking powder, aduk merata.

Masukkan cairan biang ke dalam campuran tepung, campur merata dengan spatula lalu uleni hingga kalis dan terasa sangat kenyal. Jika kekenyalannya menempel di tangan kita dan membuat kita agak sulit dalam proses pengulenan, boleh tambahkan sedikit tepung. Istirahatkan adonan 45-60 menit supaya mengembang berkali lipat. Tutup adonan dengan plastik bersih (saya pakai plastik kresek baru dan bersih).

Siapkan loyang dan olesi dengan margarine atau alasi dengan kertas roti dan juga bagian atasnya olesi juga dengan margarine.

Kini kita akan mulai membuat roll.


Ambil adonan yang telah diistirahatkan dan telah mengembang. Bagi 3 (untuk yang menggunakan loyang 18x18x2), jika menggunakan loyang lebih besar, bagi 2 adonan atau sama sekali tak usah di bagi artinya utuh saja.

Ambil 1/3 bagian lalu tekan-tekan di telapak tangan dan perlebar dengan cara di tarik-tarik namun jangan biarkan robek.

Taruh adonan tersebut ke atas loyang dan lanjutkan di tekan-tekan menggunakan jari jemari sehingga adonan melebar dan memenuhi seluruh permukaan loyang. 

Pastikan adonan merata ketiggiannya dan tidak menumpuk di sisi tertentu.

Olesi permukaan dengan margarine. Lalu taburi dengan bahan untuk filling sampai menutupi seluruh permukaan.

Lalu mulai menggulungnya perlahan-lahan dari satu sisi ke sisi berlawanan, misalnya dari bawah ke atas, atas ke bawah, kiri ke kanan atau kanan ke kiri.

Lalu gunting sesuai ukuran yang kita inginkan, bisa per 5cm. Pakai pisau juga bisa, sebelumnya olesi dulu pisau dengan minyak goreng supaya mudah memotongnya. Tapi buat saya gunting lebih simpel penggunaannya dan tak perlu di bubuhi minyak segala.

Atur potongan-potongan cinnamon roll ke atas loyang dan taburi lagi bagian atasnya dengan bahan filling.

Diamkan selama 25 menit lagi sehingga semakin mengembang.

Panaskan oven.

Panggang cinnamon roll selama 20 menit.

Matikan api. Angkat dan sajikan.

Saya memperoleh 18 potong roll dari resep diatas.

Untuk 6 orang







0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...