Selasa, 19 Januari 2016

TIPE-TIPE PRODUK SUSU DALAM PEMBUATAN CAKE

Edit Posted by with No comments



Setiap proses pembuatan cake terkadang mengharuskan kita menambahkan produk susu yang berbeda ke dalam adonan.

Untuk lebih mengenal produk-produk tersebut berikut ulasan saya tentang hal diatas.

Semoga update-an kali ini dapat membantu mengenal lebih jelas mengenai berbagai jenis susu.

SUSU BUBUK
Susu bubuk adalah susu yang teksturnya kering dan tidak basah sama sekali. Bentuknya seperti tepung hanya jika di pegang memiliki tekstur lebih moist di banding dengan tepung. Susu seperti ini sangat mudah kita dapatkan di convenient store ataupun warung terdekat biasanya dalam bentuk sachet.

Susu jenis ini terbagi 2 tipe yaitu full cream atau masih mengandung kepala lemak susu dan yang satunya lagi adalah skim milk yakni susu yang kepala lemaknya telah disingkirkan.

SUSU KENTAL MANIS
Biasa disebut condensed milk yang jika di tilik dari namanya sudah barang tentu susu jenis ini tercipta dari hasil kondensasi. Dibuat dengan cara memasak hingga cairan berkurang drastic dan kemudian gula di tambahkan kedalamnya. Sehingga konsistensi susu menjadi tebal dan rasanya sangat manis.

YOGHURT
Yoghurt merupakan susu yang difermentasi dengan menggunakan bakteri kultur sehingga pada akhirnya menghasilkan susu dengan rasa asam yang tajam dan tekstur yang kental. Yoghurt jelas menambahkan rasa pada cake  yang mempergunakan di dalamnya. Sehingga rasanya menjadi khas dan lezat.

BUTTERMILK
Banyak orang yang menjadi rancu pengertiannya tentang susu yang satu ini. Orang berasumsi bahwa di dalamnya pastilah terkandung butter padahal kenyataannya tidak sama sekali.

Sama dengan yoghurt, susu ini pun memiliki kandungan bakteri kultur meski tidak banyak sehingga rasanya pun rada-rasa asin-asem begitu…

SOUR CREAM
Tipikal sour cream adalah tidak tahan panas. Panas hanya akan mengubah bentuk dan teksturnya sehingga kita tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu sour cream lebih tepat di tambahkan ke masakan hanya bila masakan tersebut telah bersuhu hangat dan bukan panas.

Susu jenis ini mengandung lemak hingga 20%. Rasanya pun tajam dan asam karena mengandung lacto acid di dalamnya.

SUSU EVAPORATED
Nah, yang ini mungkin kita sering mendengar, menggunakannya tapi tidak begitu tahu sebenarnya apakah ini.

Susu ini terbentuk dari uap susu yang di panaskan. Teksturnya encer dan tidak kental dan berbeda dari susu kental manis. Tersedia dalam kemasan kaleng.

HALF-HALF
Susu jenis ini mungkin kurang akrab buat kita, tetapi di kalangan western ini adalah produk yang mondar-mandir nongol di kitchen mereka.

Susu jenis ini mengandung lemak 10-12% dan pas untuk di gunakan pada proses pembuatan cake dan makanan gurih atau savory dishes.

Susu penting di hadirkan terutama dalam pembuatan kue sebagai cairan yang melembabkan. Gunakanlah hanya susu yang dalam kondisi terbaik dan masih segar.

Happy cooking guys!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...