Jumat, 18 September 2015

BERHEMAT DI DAPUR

Edit Posted by with No comments


Banyak cara untuk hidup secara hemat.
Kali ini kita mencoba memulainya dari dapur.
Kalo kamu kira impactnya bakal kecil jelas kamu salah.
Apapun yang kita lakukan secara konstan pada akhirnya akan membuahkan hasil besar.
Apa aja sih itu?
Ini dia.
Kita mulai dari:

1.       LEMARI PENDINGIN
Usahakan selalu membersihkannya secara teratur. Kulkas yang tidak bersih pasti menjadi tempat berkembang bakteri yang bisa merusak kondisi makanan yang disimpan di situ dan membuatnya cepat basi dan busuk. Jangan memasukkan makanan atau minuman dalam keadaan panas sebab dapat merusak mekanisme lemari pendingin dengan segera dan tentunya ini menyerap enerji lebih banyak. Kemudian jangan menyimpan buah dalam waktu lama di kulkas karena berpotensi membusuk perlahan tanpa kita sadari. Kupas dan iris buah-buahan begitu di beli, sebelumnya cuci dulu ya. Cara ini membuat anak-anak atau pun kita tidak segan mengkonsumsi buah. Buah yang sudah diiris dan siap-makan akan lebih disukai.

TARUH MAKANAN SEHAT DI TEMPAT YANG MUDAH KITA LIHAT
Jangan letakkan makanan yang berpotensi membuat kamu tidak sehat pada jangkauan eye-level. Makanan manis contohnya, sesuatu yang membuat program diet kamu terganggu.Letakkan segala yang manis jauh dari pandangan mata kita. Sedangkan semua yang sehat letakkan di area eye-level. Hal ini akan membuat kamu tetap sehat dan tidak aka nada uang terbuang nantinya untuk berobat.

2.       DAPUR
Buatlah kebun bumbu kecil di sekitar dapur, mungkin siapkan sedikit area di bagian luar dapur kamu. Tanam bumbu-bumbu penting yang mudah di tanam. Semisal cabe, daun kunyit, daun pandan, daun bawang dan lain-lain yang kamu rasa penting. Pelajari cara membuat kompos dari sisa-sisa sayuran, kulit kentang dan wortel, kulit telur, kulit buah-buahan untuk nantinya di aplikasikan ke kebun bumbu. Disamping lebih organik karena tidak memakai pupuk kimia, duit yang tadinya kita siapkan untuk membeli pupuk bisa kita alihkan ke tabungan kita.

3.       DI MEJA MAKAN
Mulailah dengan porsi kecil.
Ketimbang mengambil makanan dalam porsi besar sebaliknya ambillah sedikit.
Daripada nantinya terbuang sia-sia karena tiba-tiba kita merasa kenyang.
Ini juga berlaku pada anak-anak, karena mereka sangat picky dalam hal memilih makanan. Kalo mereka ingin nambah boleh deh kita kasihkan lagi, ini menghindari potensi makanan terbuang.
                     
JANGAN CEPAT-CEPAT MEMBUANG MAKANAN SISA
Kalo ada makanan sisa, terutama nasi sisa jangan segera dibuang.
Keesokan harinya masih bisa kita ubah menjadi nasi goreng yang lezat atau rengginang yang garing. Bagusnya sih mulai belajar mengolah makanan sisa atau left over food, banyak kok di internet caranya.






0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...