Jumat, 18 September 2015

4 CARA SIMPEL MEMOTONG PENGELUARAN SAMPAI SEBESAR IDR 1.000.000,- PER BULAN

Edit Posted by with No comments


Mungkin kamu pernah merasa bingung banget kenapa kamu gak bisa menyisihkan  uang untuk di tabung setiap bulannya. Padahal secara finansial kamu berada di level memungkinkan untuk melakukan hal tersebut. Pasalnya pengeluaran kamu terlampau buncit. Cara bijaksana untuk mengatasinya tidak lain dengan mengevaluasi kembali pos-pos mana yang bisa kita kurangi atau kita cut sama sekali.

Keliatannya sih remeh ya tindakan ini. Setiap bulannya kita mungkin bisa melakukan saving sampai sekitar IDR. 1.000.000,- saja. Tapi coba kalikan dengan 12 bulan…hei…kamu udah bisa saving money sampai 12 juta perak! Isn’t that great? Gimana semangat kan sekarang? Let’s find out what that is now!

  1. CANCEL MAKAN-MAKAN DI LUAR
Hanging out dengan teman-teman memang menyenangkan…ngobrol ngalor ngidul sambil menyesap secangkir kopi espresso dan sepotong tiramisu cake is a perfect moment to socialize. Atau lain waktu makan-makan di fast food atau bahkan di resto fine dining dengan anak-anak dan suami pastinya menyenangkan. But asking yourself afterwards, berapa total uang yang kita keluarkan untuk itu jika kita akumulasikan dalam sebulan atau bahkan setahun? Sudah pasti ratusan ribuan yang kita hamburkan untuk itu. Kopi espresso tidak harus kita dapatkan di prominent café karena kita bisa membuatnya di rumah. Bagaimana dengan Tiramisu? Aku kan gak bisa masak kue..ngerebus air aja gosong….uppps mari tinggalkan segala pesimistis model beginian. If you can drag yourself to the limit you can manage that thing. Belajarlah membuat kue sendiri…pertama mungkin gagal, tapi pada attempt yang kedua dan ketiga pasti berhasil. Hari gini di internet atau di you tube banyak informasi mengenai how-to pembuatan segala macam penganan malahan sampai ke detil pembuatannya. Gunakan kesempatan ini. Jadi di step ini eating out kita coret dan sebagai gantinya kita nyalakan spirit DIY alias Do It Yourself. Senyum dong jeung!

  1. CUT PEMAKAIAN PREMIUM TV CABLE
Hidup tanpa TV kabel di zaman ini berpotensi bakalan menyedihkan kita, secara TV nasional kita belum mampu mengakomodir tontonan bermutu setara dengan Starworld misalnya. Dengan TV kabel tipe premium kita leluasa untuk menonton program berkualitas apa saja. Pilihan yang sampai ratusan channel memungkinkan kita mendapatkan priviledge itu. Tapi pos ini juga salah satu yang bisa kita evaluasi. Harus kita sadari bahwa kita tidak selalu menonton semua ratusan progam tersebut.. kan…paling ada beberapa stasiun TV favorit kita...so just stick to what you use to watch, terus yang ratusan lainnya terbuang percuma karena kita jarang menontonnya…this money we had paid was go to waste. Hal paling bijaksana yakni mengganti paket premium kita dengan paket hemat, pilihlah hanya program yang berisi layanan TV favorit kita, ya…beberapa mungkin ada acara kesukaan kita di dalamnya…misalnya Fox movie premium gak termasuk padahal kita suka banget acara-acaranya. Jangan sedih dulu kan ada FX atau AXN, yang ini juga saya rasa setara dengan Fox movie premium. Tak kenal maka tak sayang..cobalah untuk belajar menyukai hal yang tidak kita kenali sebelumnya.

  1. CUT PEMAKAIAN LANDLINE TELEPON
Memiliki landline telepon di rumah memang sangat membantu…tapi itu dulu!
Sekarang ponsel kita telah mampu menggantikan era landline telepon rumah. Lagian dengan mobilitas kita yang tinggi akan amat sulit untuk mengawasi pemakaian sesuatu yang letaknya jauh dari jangkauan kita. Coba bayangkan di suatu ketika kita lagi berada diluar rumah lalu ada seseorang yang mampir di rumah kita dan meminjam landline kita untuk melakukan interlocal atau international phone connection…bisa berabe nih akhir bulan. Juga saat ini lebih baik kita membayar segala sesuatu secara prabayar ketimbang pasca bayar sebab ya itu..kita bisa mengontrol pengeluaran biaya.

  1. MULAI GUNAKAN SESUATU YANG GENERIK
Aduh….gak level deh pake yang generik!
Memang! Kalo kita berada dalam posisi uang berlimpah.
Tapi tabungan saja jarang kita isi…
Nah inilah saatnya kita mulai mencoba memakai sesuatu yang generik.
Oiya..jangan keburu alergi dulu ya mendengar kata generik.
Generik itu sebenarnya bukan sesuatu yang levelnya jauh dibawah something branded.
Secara kualitas sama yang bikin berbeda adalah merknya. Barang generik boleh dikatakan adalah sesuatu yang di subsidi…bisa oleh pemerintah…bisa oleh produsen. Kenapa bisa murah…ya karena itu gak pake merek. Kan ongkos pengadaan merk yang bikin harga melambung ke angkasa. Sekarang siap-siap deh pake barang yang non-merk…sanggup kan? Apalagi setelah itu savings kita akan semakin penuh…ah senangnya!

Common’ let’s change our perspective to something good!



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...