Sabtu, 12 Desember 2015

MARBLE CAKE

Edit Posted by with No comments



Kali ini saya baru saja membuat Marble Cake Homemade yang rasanya menurut saya lumayan lezat, banyak yang mengatakan bahwa ini something that suppose to be around for any of our family occasion…aduh GR and melayang deh jadinya….


Cake jenis ini termasuk dalam category butter cake yaitu kue yang dalam pembuatannya membutuhkan tambahan untuk dapat mengembang sempurna. Bahan yang mem-boost bentuk daripada cake ini tak lain adalah emulsifier. Saya menggunakan SP dan Baking Powder. Honestly, sebenarnya saya lebih condong suka menggunakan Baking Powder karena mudah larut dan tidak oily seperti jenis emulsifier lainnya. Tapi berhubung di chiller terdapat SP ya udah..why not I used it. Maka saya tambahkanlah SP ke dalam adonan tersebut and it did works well. Syukurlah!

Cara pembuatan dan bahannya silahkan di catat sebagai berikut and make your own stunning and delicious marble cake.

Bahan A:

13 sdm terigu protein sedang
3 sdm susu bubuk
1 sdt baking powder

Bahan B:

12 sdm gula halus
4 telur
1 sdm SP

Bahan C:

5 sdm butter (lelehkan)
½ bungkus santan instan ( saya pakai Kara)
Pasta Coklat
Coklat Chips

Cara membuatnya:

Semua bahan A di ayak dan tempatkan di sebuah wadah bersih. Aduk merata

Masukkan gula dan SP ke dalam bahan A, aduk merata. Tambahkan telur satu persatu sambil di mixer dengan speed tinggi. Lakukan hingga adonan mengembang dan mengental.

Sekarang masukkan mentega, aduk merata dengan spatula, dan tambahkan santan. Mixer lagi sekitar 4 menitan. Matikan kocokan.

Siapkan loyang, oles dengan margarine atau butter, taburi dengan terigu di seluruh permukaannya merata atau bisa juga alasnya di beri kertas roti supaya mudah mengeluarkannya nanti dari loyang.

Ambil sekitar 8 sdm adonan dan tempatkan di sebuah mangkok. Masukkan pasta coklat kedalamnya dan aduk sehingga warnanya berubah menjadi coklat merata.

Masukkan adonan putih ke loyang dan taburi dengan coklat chips, aduk sehingga coklat chipsnya menyatu dengan adonan.

Siram adonan coklat ke atas adonan putih secara acak dan dengan menggunakan sendok garpu, putar-putar sendok sehingga membentuk pola bergelombang.

Bake adonan selama 40 menit dengan api sedang. Sebelumnya ingat, oven harus di panaskan dulu agar panasnya merata dan cake tidak hanya mengembang sebelah.

Okay…everything is done and enjoy your baking time!



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...