Sabtu, 12 Desember 2015

BREAD SATAY

Edit Posted by with No comments



Udah seminggu lebih saya absen dari gelanggang masak memasak roti, snacks dan semacamnya. Sudah beberapa hari ini saya mengikuti short course membatik dengan seorang ahli membatik yaitu Bli Made di Ubud dekat hotel Tjampuhan letaknya. Kenapa saya tertarik membatik, lebih karena keunikannya, membatik Balinese style agak keluar dari pakem membatik tradisional Solo. Yang saya ikuti ini lebih ke free style dan jauh lebih abstrak hasilnya dan tidak seperti kain batik pada umumnya. Okay…come down guys…tenang nanti setelah kainnya kering dan ready-to-show cases pasti deh akan saya upload gambarnya. Promise!


Get back to the daily routine as a home cook person, Btw…tadi pagi para krucil kami mulai merengek-rengek dan mereka bilang now mommy is not like the other days and has been forgot to all what her kids like to eat as usual. Aduh, nak…jangan gitu dong. Ibu kan sibuk belajar membatik. Sedih juga sih dengernya..cup…cup..sayang…alright! mommy will prove to you guys that I’m and will still..still love you more to the moon and back.

Maka terciptalah sepiring bread satay yang sebetulnya adalah bulatan donat yang di tusukkan ke lidi tusukan sate dan di baluri gula halus.

Fortunately, anak-anak ku pada happy and very enjoying the simple bread. Hati saya senang bukan kepalang bisa menyenangkan hati anak-anak dengan roti buatan sendiri yang segar dan menyehatkan.

Berikut ini resepnya khusus buat anda yang berniat mencobanya juga di rumah.

Bahan:

20 sdm terigu protein tinggi
1 sdm baking powder
3 sdm margarine
1 sdm susu bubuk putih (saya pakai susu Dancow)

Bahan biang:

100 ml air hangat kuku
1 sdm gula pasir
½ sdm ragi instan (saya pakai Haan)

Bahan taburan:

Gula halus

Cara membuatnya:

Pertama-tama kita harus membuat biangnya dahulu. Campur gula pasir, air hangat dan ragi instan bersama, aduk dan diamkan 8 menit. Sisihkan.

Di sebuah wadah bersih campur terigu yang telah di ayak sebelumnya dengan margarine dan baking powder, aduk merata dengan spatula.

Setelah ragi terlihat mengembang setelah didiamkan 8 menit, tambahkan itu kedalam adonan tepung. Lalu aduk dan uleni hingga kalis. Jika adonan terlalu encer, kita bisa masukkan sedikit terigu hingga kita merasa konsistensinya pas. Jika terlalu padat, kita masukkan sedikit air hangat dan mulai menguleninya kembali hingga kalis dan bentuk bulat seperti bola.

Istirahatkan selama 40 menit hingga mengembang dua kali lipat di dalam sebuah wadah dan bungkus dengan plastik.

Kemudian kita bentuk bulatan-bulatan kecil, ingat jangan tekan bulatan ini karena kita ingin agar adonan ini tetap berisi udara di dalamnya. Siapkan 6 buah lidi tusukan sate yang bersih.

Panaskan minyak yang banyak pada api kecil.

Goreng bulatan hingga berwarna keemasan, angkat dan tiriskan.

Siapkan gula halus di dalam kantong plastik dan cemplungkan bulatan gorengan ke dalamnya. Guncang-guncang hingga permukaannya terselimuti oleh taburan gula halus.

Tusukkan tiga-tiga per tusuk sate.

Sajikan segera.

Untuk 6 buah



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...