Banyak orang yang kurang
peduli dengan keberadaan dokumen-dokumen yang dirasa kurang begitu penting,
atau malah ada dokumen yang sebenarnya penting tapi asal di simpan begitu saja
bahkan sampai terlupakan dan ketika hal itu di butuhkan yang ada malah kalang
kabut mencarinya.
Saya dulunya begitu…ya
asal aja, tapi lama-lama capek juga ya mengalami situasi yang tidak mengenakkan
saat harus tunggang langgang mencari file yang dibutuhkan hanya karena tidak
menatanya secara rapih.
Dengan menyadari fungsi
penyimpanan dokumen merupakan hal yang penting tanpa kita ketahui kita telah
melakukan efisiensi waktu..dan ingat time is money lho…artinya dengan menata
dokumen kita secara rapih dan teliti sebenarnya kita telah berpartisipasi dalam
melakukan penghematan uang.
Dokumen seperti apa yang mesti jelas
tempat penyimpanannya?
1. Buku
bank
2. Surat-surat
dari bank seperti surat tagihan kartu kredit, surat pemberitahuan
3. Polis
asuransi
4. Informasi
mengenai asuransi yang kita miliki
5. Dokumen
cicilan rumah
6. Sertifikat
tanah
7. Struk
pembelian barang
8. Dokumen
tentang pajak
9. Dokumen
pembayaran dan penagihan
10. Akte
nikah, dll
11. Copy
resep obat
Apa yang dibutuhkan untuk penyimpan
dokumen dengan baik?
1. Folder
plastik untuk menyimpan file dokumen di dalamnya atau bisa juga kotak sepatu yang
sudah tidak terpakai namun masih dalam kondisi bagus
2. Penjepit
kertas
3. Kertas
post-it
4. Pulpen
5. Amplop
6. Stapler
Dimana storage ini kita simpan?
Sebaiknya semua dokumen
yang telah kita tempatkan dalam satu wadah kita letakkan pada tempat yang mudah
kita lihat dan jangkau. Sehingga ketika kita membutuhkannya sudah tidak ada
lagi yang namanya acara pontang panting berjam-jam mencari dokumen tersebut.
Apakah semua file atau dokumen yang ada
harus di simpan semua? Terus bagaimana dengan file dari tahun 2009? Wah, ini
bakalan place consuming nih!
Dokumen seperti struk
belanja di supermarket biasanya tidak perlu kita simpan sampai bertahun-tahun
karena nantinya akan menjadi sudah tidak relevan lagi dengan kondisi terkini.
Kalau saya menyimpan struk belanja hanya dalam tahun itu saja, misalnya untuk
belanjaan kebutuhan sehari-hari di supermarket biasanya saya menyimpannya dari
bulan januari hingga desember pada tahun tersebut, ini saya simpan hanya
sebagai referensi harga setiap saya akan berbelanja ke tempat itu. Kebetulan
saya bukan tipe konsumen impulsif yang selalu berbelanja tanpa rencana. Saya
selalu membuat list barang apa yang nantinya akan saya beli, dengan demikian
saat berbelanja saya telah memiliki gambaran berapa rupiah nantinya harus saya
gelontorkan untuk membayar belanjaan itu. Nah, makanya saya selalu membutuhkan
struk belanjaan sebelumnya untuk melihat harga-harga barang yang saya perlukan.
Memang harga memiliki gerak fluktuasi namun pastinya hal ini tidak akan berubah
jauh dari harga sebelumnya. Dengan berbelanja gaya “organized” begini saya jadi terhindar dari momen-momen “deg-deg
plass” di depan kasir, bertanya-tanya dalam hati berapakah gerangan total
belanjaan kita.
Struk belanjaan yang sudah
tidak kita perlukan bisa kita buang ke tempat sampah.
Tapi hati-hati dengan
dokumen-dokumen yang kita rasa agak sensitip seperti tagihan kartu kredit dan
lainnya, jangan asal di buang sembarangan. Hari-hari ini banyak pihak yang
sering menyalahgunakan dokumen orang lain. Untuk itu file-file seperti ini
harus kita hancurkan terlebih dahulu. Bisa dengan menggunakan shredded machine atau mesin pemotong
kertas atau jalan termudah adalah menggunting file-file tersebut kecil-kecil
hingga tidak bisa di satukan seperti puzzle
ataupun minimal sudah tidak bisa terbaca lagi.
Khusus untuk file mengenai
pajak saya rasa yang jenis beginian harus kita simpan setua apapun itu. Suatu
saat mungkin saja kita memerlukannya.
Kapan saya bisa mulai merapihkan
dokumen saya?
Good
question!
Jawabannya
adalah the sooner the better…lebih
cepat lebih baik, kalo bisa dilakukan sekarang, why not?
Jangan
tunggu sampai kejadian kebingungan cari file terulang lagi and surely it will driving you crazy!
Memang
betul kita akan membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk melakukan ini tapi
percaya deh..it’s worthed koq…
Pada
akhirnya fakta akan berbicara bahwa hal remeh ini akan sangat berarti dalam
mengefisiensi waktu kita. Waktu terbuang percuma? Gak ada lagi deh!
0 komentar:
Posting Komentar