Kamis, 12 November 2015

URAP DAUN SINGKONG

Edit Posted by with No comments





Dulunya saya orang yang sangat menggampangkan soal makanan. Dikit..dikit pasti bawaanya beli…nasi abis…ya udah beli gih ke warteg, sayur dan lauk abis..oke meluncur ke RM.Padang atau ke RM. Banyuwangi. Masalahnya saya gak PD masak sendiri, takut gak enak dan nanti suami complain... begitulah ceritanya.

Tapi sekarang everything is like reversing…terbalik deh semuanya..sekarang dikit..dikit pasti bikin…kok bisa gitu? Pasalnya? Pas di hitung-hitung ternyata total bon pembelian makanan matang di sana-sini tersebut sangat mencengangkan dan mencapai 6 digit nolnya..walah! repot nih, mana semua harga barang ini-itu juga ikutan melambung. Kapan bisa nabungnya kalo gitu.

Ya udah akhirnya saya bertekad untuk masak sendiri. Pertama-tama emang terasa menyiksa, sebab dari kecil saya selalu terima beres dimasakin Mama, dan tentu aja pas mula-mula bergelayut dengan tetek bengek bumbu dapur pernahlah terjadi error berkali-kali here and there. Namun lama-lama memasak sendiri malah menyenangkan dan the best news was I found that the total expenses had been dropped down almost ¾ part of the total food expenses I have ever had. Coba bayangin biaya masak sendiri yang keluar ternyata cuma ¼ bagian dari belanjaan dapur sebelumnya yang digitnya 6 itu. Holy crap! Nyesel saya gak swa cooking dari dulu…ternyata masak sendiri itu murah-meriah-segar dan yang terutama sehat lagi. Karena kita tahu apa yang terkandung di dalam masakan kita.

Salah satu makanan side dish kesukaanku dan suami adalah Urap Sayur Daun Singkong hasil modifikasi aku. Aku gak pake asam jawa tapi aku ganti dengan air perasan jeruk sambal dan tomat, alhasil rasa tajam yang biasanya datang dari asam jawa tergantikan oleh rasa asam yang menurut aku lebih bersahabat dan tidak terlalu tajam. Dijamin suegaar dan lezaat apalagi jika dimakan dengan ikan goreng dan sambal terasi….mertua lewat…sorry I didn’t see any people just passing through…sorry

Oke deh…Ini dia resepnya…silahkan di coba dan semoga bermanfaat.

Bahan:

2-3 Ikat Sayur Daun Singkong, pilih yang masih muda
Kelapa parut secukupnya
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 ruas kencur ukuran besar
1 buah tomat
2 buah jeruk sambal, peras airnya, buang biji
Terasi secukupnya
1 sdt gula pasir
Garam secukupnya

Untuk Taburan:

1 siung Bawang Putih
2 Cabe Merah
Iris semuanya, lalu goreng, nanti ditaburkan diatas urap yang telah siap di sajikan

Cara membuatnya:
  1. Cuci bersih daun singkong, kukus sayur 10 menit. Tempatkan di wadah dan sisihkan.
  2. Kukus kelapa parut, sisihkan.
  3. Kukus bahan untuk sambal.
  4. Giling hingga halus bahan untuk sambal: baput, bamer, terasi, cabmer, kencur, garam, gula pasir
  5. Sekarang tinggal menata saja:
Di wadah yang berisi daun singkong, kita masukkan kelapa parut kukus, sambal, air perasan jeruk dengan tangan yang telah kita lapisi dengan plastik (supaya sayur tidak cepat basi), lalu aduk merata. Masukkan taburan yang telah kita goreng, aduk lagi hingga merata. Pindahkan urap ke pinggan besar tata dengan rapih. Siap di santap deh sekarang.

Untuk 6 orang


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...