Kamis, 12 November 2015

HOMEMADE AMERICAN PIZZA

Edit Posted by with No comments


Ini satu lagi olahan yang sering wara-wiri hampir setiap minggu di meja makan kami terutama sebagai menu sarapan pagi.



Cara pembuatannya super mudah, di jamin anti gagal deh. Swear! Kalo gak percaya let’s prove it. Abis itu pasti bakalan ketagihan bikin and bikin lagi.

Pizza ini teksturnya tebal seperti pizza hut, jadi ini tipikal pizza amerika ya sist, bukan pizza italia yang tipi situ. Menurut suami saya rasanya gurih, sedikit garing alias crunchy..pokoknya bikin lidah nyaman deh menyantapnya.

Bahan Biang:

½  sdm ragi instan
Air 30 ml
Gula 1 sdm

Untuk Water Roux:

2 sdm terigu
Air hangat 50 ml

Untuk Kulit:

13 sdm terigu protein tinggi
½ sdt baking powder
3 sdm margarine suhu ruang
Topping:
Saus tomat
Oregano
Irisan sosis
Parutan keju cheddar
Potongan kecil keju mozzarella, bisa pakai yang quick melt kalo gak ada
Irisan red bell pepper
Lada, garam, 2 sdm olive oil, irisan bawang Bombay

Cara membuatnya:

·         Kita siapkan dulu untuk biangnya: di sebuah gelas, campur ragi instan, gula dan air, diamkan 8 menit. Sisihkan.

·         Sekarang kita membuat water roux: campur terigu dan air, aduk sebentar. Masak di api sedang sambil di aduk-aduk hingga mulai mengental  tapi tidak sampai mendidih. Angkat dan biarkan agak dingin. Diamkan sekitar 5-6 menit.

·         Untuk membuat kulit: Campur 12 sdm terigu ( yang 1 sdm lagi kita sisihkan, ini dipergunakan jika adonan terasa masih lengket, tapi jika sudah terasa elastic dan tidak lengket di tangan tidak usah kita pakai), baking powder, margarine, aduk dengan spatula. Masukkan bahan biang, aduk merata. Kemudian masukkan bahan water roux aduk lagi. Uleni dengan tangan hingga kalis. Jika masih lengket di tangan, masukkan 1 sdm terigu yang tadi kita sisihkan. Uleni lagi.

·         Istirahatkan adonan selama 40 menit dan tutupi dengan plastic. Diamkan hingga adonan membesar 2x lipat.

·         Kempeskan adonan, uleni lagi sebentar. Lalu tata di loyang bulat atau persegi. Sebelumnya olesi dulu loyang dengan margarine.

·         Olesi adonan di dalam loyang tersebut dengan saus tomat hingga merata.

·         Di wadah lain campurkan bahan topping yaitu: irisan red bell pepper, bawang Bombay, olive oil, lada, garam, irisan sosis, potongan-potongan kecil mozzarella dan oregano. Aduk hingga rata. Atur diatas adonan pizza yang telah di olesi saus tomat. Taburi lagi dengan parutan keju cheddar di bagian atasnya.

·         Panggang selama 25 menit api sedang.

·         Potong-potong dan sajikan dengan mayonais

Untuk 3-4 orang



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...