Minggu, 22 November 2015

GULAI AYAM ALA SWEET AND CATCHY

Edit Posted by with No comments
Gulai Ayam Ala Sweet and Catchy

Sebenarnya sudah agak lama saya ingin menghidangkan Gulai Ayam yang spesial sebagai hidangan minggu siang. Sepulang dari gereja biasanya dulu sebelum saya berkeras untuk masak sendiri for the sake of saving money, kami selalu mampir di restoran yang berada di area Renon, Denpasar. Di daerah ini banyak terdapat tempat makan enak kelas menengah dengan berbagai macam pilihan menu . Random option deh pokoknya mulai dari asian taste sampe western ada semua tumplek plek!

Biasanya comfort food yang kami pilih gak jauh-jauh dari gulai kari, ikan gurame goreng, sayur lalapan dan banyak lagi. Budget yang terkuras minimal sekitar IDR. 300 K lah, atau jika tambah ini itu seperti beverages seperti jus, sorbet yang udah-udah 400 ribu perak mesti di keluarkan untuk sekali makan saja untuk 2 dewasa + 2 kids. Termasuk mahal memang.

Setelah mengencangkan ikat pinggang dan disadari juga oleh kedua putri kami yang lucu dan cantik, saya bertekad untuk tetap menghadirkan comfort food but now everything will be handmade by me. Hell yeah! Ternyata tidak sampai 100 ribu perak saya bisa menghidangkan gulai ayam lezat kesukaan keluarga+ sayur lalapan dan sambal terasi+ homemade es dawet manis+ ikan kembung goreng!

Memang efeknya buat saya jadi super keringatan pas periode masak memasak itu, tapi gak papa karena itung-itungkan mandi sauna (ha..ha..am I pushing it to hard?). Tapi Si ayah, van dan pan bilang, “ wow…mommy…this is super delish! How could you make it? Horreee! Mommy sekarang jago masak! No more resto, but here is our resto!

Tinggal saya yang ke GR an di puji-puji….hidung saya jadi kembang kempis karena salting! 

Oleh karena itu saya jadi semakin semangat mencoba aneka resep untuk memperluas pengetahuan memasak saya.  Memasak ternyata tidak membutuhkan bakat tetapi latihan is a must. Jadi yang pada belum menguasai hal masak memasak tiada kata terlambat ya…bunda-bunda, trial and error makes us perfect. Percaya deh!

Baiklah tanpa berlama-lama lagi berikut saya share resep gulai ayam enak ini dan buktikan sendiri kelezatannya.

Bahan:

1 ekor ayam, belah jadi 8 atau 10 potong, cuci bersih, perciki dengan air jeruk nipis dan taburi garam, diamkan 20 menit
1 bungkus santan kara
2 gelas belimbing air

Bumbu di haluskan:

1 buah bunga lawang
1 buah kapulaga
2 buah cengkeh
4 cm lengkuas
1 batang serai
1 sdm ketumbar sangrai
1 ruas jahe
2 cm kunyit
3 kemiri sangrai
Sedikit lada
Sedikit pala
Sedikit jintan
Sedikit kayu manis (jika suka)
2 buah cabai merah
3 bawang merah
2 bawang putih

Bumbu tambahan:

Daun jeruk
Daun kunyit
Daun salam
Garam
1 sdm gula pasir
1 sdm air jeruk nipis

Cara membuatnya:

  • Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng hingga layu dan harum
  • Masukkan bumbu pelengkap kedalam tumisan
  • Masukkan ayam dan air ke dalam tumisan, rebus ayam hingga empuk di dalamnya
  • Setelah ayam empuk masukkan santan, aduk-aduk merata, jangan sampai santannya pecah
  • Jika santannya sudah tampak berminyak, berarti gulai sudah bisa diangkat
  • Sajikan dengan taburan bawang goreng, lontong dan kerupuk….dijamin maknyuuuuus!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...