Senin, 30 November 2015

LUMPIA VEGETARIAN

Edit Posted by with No comments


Lumpia…lumpia!

Everybody loves lumpia!

Lumpia Vegetarian yang lezaat


Garing, bergizi, mengandung banyak serat..cocok untuk diet semua orang.

Oh, iya merujuk kata diet…sebenernya luas ya bunda yaitu pola makan seseorang, jadi bukan hanya  hanya tentang program pengurusan  badan saja.

Balik ke lumpia say!

Kalo saya, paling suka lumpia yang baru matang. Gak tahu kenapa pokoknya suka aja! Saya kurang suka makanan yang di masak berlebih sehingga di bekukan di freezer sampai berbulan-bulan. Kayaknya yang beginian vitaminnya udah terbang kemana kali… Pokoknya jeung yang fresh, yang baru di masak lebih afdol rasanya.

Namanya lumpia vegetarian artinya 100 persen lah tidak mengandung daging. Tapi tidak mengurangi rasa lezatnya. Saya memakannya selalu ditemani dengan  saos sambal dan sambal kecap. Rasanya…wow..jangan ditanya…uenaaaaknya selangit.

Suami saya untungnya gak protes meski tidak ada daging ayam di dalamnya…tapi saya akali dengan menggantikannya dengan irisan jamur kuping yang berdaging tebal semirip tekstur daging hewani.

Mau tahu resepnya? Silahkan bunda-bunda di catat ya….

Bahan:

20 kulit lumpia(gunakan rangkap 2 lapis untuk setiap lumpianya,mencegah robek saat digoreng)

100 gr jamur kuping, cuci bersih, tiriskan, iris

2 siung bawang putih, cincang

4 siung bawang merah, cincang

50 gr toge segar, cuci bersih, tiriskan

1 buah wortel, iris bentuk korek api

50 gr kol, iris halus

Irisan tahu goreng potong dadu (optional)

Garam, lada, kaldu sapi secukupnya

Seledri iris halus

Minyak untuk menumis

Cara membuatnya:

Mulailah dengan menumis kedua jenis bawang hingga harum, tambahkan wortel, tambahkan air sedikit untuk memperlunak tekstur wortel. Masukkan jamur dan aduk merata. Tambahkan kol, aduk-aduk sampai kolnya layu. Setelah itu baru masukkan toge dan irisan tahu. Masukkan garam, lada, kaldu sapi dan seledri.Tutup panci sebentar. Pastikan semua matang tapi tidak overcook. Angkat. Dinginkan di suhu ruang.

Ambil satu sendok adonan sayuran dan letakkan di bagian tengah kulit lumpia. Gunakan 2 rangkap kulit supaya tidak mudah robek. Lipatlah berbentuk amplop dan rekatkan ujungnya dengan air dengan cara mencelupkan telunjuk kita ke air matang dan sapukan ke area kulit lumpia yang ingin direkatkan.

Goreng di minyak panas dan banyak dengan teknik deep frying. Tiriskan di tissue roti supaya semua exceed minyak keluar dann tidak mengendap di dalam lumpia kita.

Sajikan dengan saos sambal.

Super duper yummy!

Untuk 10 buah

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...