Senin, 16 Mei 2016

GULAI REBUNG DAN LEUNCA

Edit Posted by with No comments



Hari sedang hujan, perut terasa lapar dan melilit.

Pas buka kulkas ternyata ada beberapa sayuran yang sudah sejak beberapa hari lalu di beli namun belum juga di masak karena bingung mau diapakan.

Sebenarnya rebung ini akan saya buat lumpia basah tapi yah..karena waktunya tidak pernah sinkron seminggu ini maka niat tersebut terpaksa saya batalkan.

Saya juga heran ternyata saya pernah membeli daun kari di supermarket dan gak inget udah berapa lama barang ini terbeli tapi thanks God! Untungnya kondisinya masih segar dan tidak kering. Sepertinya saya membeli daun ini dengan harga Rp. 750,- saja…murah ya..tapi berguna banget nih untuk membentuk meaty flavor pada masakan jenis gulai atau kari.

Entah dari mana idenya, eventually saya memilih memasak Gulai saja. Wah…bener loh guys..rasanya seperti ada daging sapinya meski tak menggunakan daging secuilpun. Lezat dan gurih..Something not to be missed!

Ini dia resepnya…let’s jot this down!

GULAI REBUNG DAN LEUNCA

Yield: 4 orang

200 gr rebung
100 gr leunca
65 ml santan kental (saya pakai 1 sachet kara)
75 ml air
1 siung bawang putih iris
3 siung bawang merah iris
1 ruas jahe, geprek
1 ruas lengkuas, geprek
½ ruas kunyit, giling
5 lembar daun kari (bentuknya kecil-kecil)
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk, iris dan buang tulangnya
2 buah cabe merah, giling atau bisa juga hanya diiris
Pete iris secukupnya
Garam secukupnya
Sedikit gula pasir
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuatnya:

1.      Tumis bawang putih dan merah hingga harum. Masukkan ke dalamnya jahe, lengkuas, kunyit, cabe giling atau iris, daun kari, daun salam, daun jeruk, pete dan leunca. Aduk-aduk hingga layu.

2.     Masukkan Rebung. Tambahkan air kedalamnya. Aduk merata dan diamkan 5 menit.

3.     Masukkan santan, aduk terus supaya santan tidak pecah.

4.     Taburi dengan garam dan gula pasir.

5.   Tunggu hingga mendidih, aduk balik sayuran dan aduk sampai mendidih sekali lagi.

6.    Angkat dan sajikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...